Semua Informasi Game Dan Aplikasi Ada Disini
Gadget  

Download Firmware SM-G996U dan Cara Flashing Samsung Galaxy S21+ 5G

Samsung Galaxy S21+ 5G bisa dikategorikan sebagai produk terbaru. Ini dikarenakan tahun dirilis nya hanya satu tahun yang lalu, tepatnya awal Januari 2021. Dari segi performa tidak perlu diragukan karena dilengkapi model firmware SM-G996U.

Tentu bukan hanya itu saja yang menarik dibahas, namun juga spesifikasi lainnya. Misalnya dapur pacu yang ditenagai Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G. Selain itu, penggunaan CPU Octa-core dan GPU Adreno 660 semakin melengkapi kinerjanya.

Untuk pilihan RAM nya hanya satu, yakni 8GB. Namun untuk memori internal atau ROM nya terdapat dua pilihan, yaitu 128GB dan 256GB. Karena termasuk HP baru, Samsung Galaxy S21+ 5G dibekali versi Android 11.

Tetapi saat ini sudah ada versi 12, sebentar lagi juga bakal dirilis versi 13. Jika kamu ingin upgrade, maka dibutuhkan firmware sesuai versinya. Untuk mendapatkannya, silahkan mencari di Samsung firmware download yang banyak ditemukan, salah satunya di sini.

Istilah yang dikenal untuk upgrade Android ini adalah flashing. Sederhananya, kamu menginstal ulang perangkat agar kembali ke pengaturan pabrik. Bedanya, kamu bisa menentukan berapa versi Android yang digunakan.

Selain untuk upgrade, flashing biasanya dilakukan jika HP sering mengalami gangguan. Bukan gangguan ringan tentunya, melainkan gangguan yang tidak bisa diatasi dengan hanya update sistem. Salah satu contohnya adalah ketika HP terserang virus atau malware.

Download Firmware SM-G996U

Kita lanjut membahas mengenai flashing, kamu butuh file firmware sesuai versi Android yang diinginkan. Seperti yang dibahas sebelumnya, kamu bisa download melalui beberapa website yang saat ini menyediakannya.

Untuk memudahkan kamu supaya tidak perlu mencarinya kemana-mana, kami juga menyediakan file yang dimaksud. Ingat, flashing tidak hanya digunakan untuk upgrade, namun juga downgrade. Jadi, silahkan pilih versi Android yang kamu inginkan dari link berikut!

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Cara Flashing Samsung Galaxy S21+ 5G

Pastikan koneksi internet kencang selama proses download. Hal ini dikarenakan file firmware cukup besar, minimal biasanya 5GB. Setelah proses download selesai, lanjutkan dengan instal ulang perangkat atau flashing.

Cara flashing Samsung Galaxy S21+ 5G tergolong sulit, apalagi jika belum pernah melakukannya. Selain file yang di download dari link diatas, kamu juga perlu Odin Tools yang sudah terpasang di komputer atau laptop.

  • Ekstrak firmware dengan WinRar atau sejenisnya di PC.
  • Pastikan HP memiliki daya minimal 50%, kemudian matikan.
  • Pada saat bersamaan, tekan tombol Volume Down + Home + Power.
  • Setelah muncul halaman Warning, tekan tombol volume up untuk masuk ke mode download.
  • Sambungkan HP ke PC dengan kabel data.
  • Buka Odin Tools dan tunggu hingga HP terdeteksi.
  • Pindahkan semua file firmware yang di ekstrak tadi pada kolom.
  • Terakhir yakni klik Start dan tunggu proses hingga selesai.

Penutup

Jika kamu menyimak semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa flashing adalah cara untuk upgrade versi Android. Selain itu juga dapat menurunkan versinya atau downgrade. Cara flashing Samsung Galaxy S21+ 5G dengan firmware SM-G996U hanya satu contoh, untuk versi HP lain caranya juga sama.