Semua Informasi Game Dan Aplikasi Ada Disini
News  

Ciri dan Keunikan Burung Jacana Afrika yang Perlu Diketahui

Burung merupakan unggas yang memiliki keunikan dari masing-masing spesies yang ditemui di alam. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba memberikan informasi mengenai ciri dan keunikan burung Jacana Afrika, mungkin banyak yang belum mengetahuinya.

Burung ini sering ditemukan di daerah yang tergenang air atau becek. Kakinya yang besar memungkinkan untuk berjalan diatas lumpur untuk mencari makanan. Memang tidak indah atau cantik seperti burung hias, namun ada keunikan yang dimiliki.

Menurut kacer.co.id, salah satu keunikan burung ini yaitu sering menyembunyikan anaknya dibalik sayap. Tujuannya tentu untuk melindunginya dari predator dan sekaligus memberikan kehangatan. Pastinya masih ada keunikan lain, silahkan simak penjelasan lengkap berikut!

Ciri khas Burung Jacana Afrika

Sangat mudah mengenali burung Jacana Afrika dari segi fisiknya. Burung ini memiliki warna dominan cokelat yang hampir menutupi semua bagian tubuhnya. Hanya di bagian atas kepala yang warnanya hitam, kemudian ada warna biru pada bagian kening.

Sedangkan di bagian leher mempunyai perpaduan warna kuning dan putih. Meski sayapnya berwarna cokelat, namun sebenarnya ada warna kuning di dalamnya. Ini bisa dilihat ketika burung sedang merentangkan sayapnya yang besar dan tebal.

Berbeda dengan burung pada umumnya, ukuran jantan Jacana Afrika sekitar 30 cm hingga 50 cm. Sedangkan betina jauh lebih besar ukurannya daripada jantan, yakni dua kali lipat nya. Dengan ciri ini, anda tidak sulit membedakan antara jantan dan betina.

Keunikan Burung Jacana Afrika

Ada bayak keunikan yang dimiliki burung dengan paruh lancip ini. Keunikan yang dimaksud bahkan tidak dimiliki oleh spesies atau jenis burung lainnya. Berikut beberapa keunikan yang dimaksud yang berhasil kami rangkum!

Baca Juga:  Head of Technology Baru Pinjam dan Inovasi yang Segera Diimplementasikan

Betina Memiliki Banyak Pasangan

Biasanya, burung jantan yang memiliki pasangan lebih dari satu. Namun hal itu tidak berlaku bagi Jacana Afrika, karena yang memiliki banyak pasangan justru burung betina. Namun pergantian pasangan ini hanya dilakukan setelah betina menghasilkan keturunan.

Berjalan Diatas Air

Keunikan lain yakni dapat berjalan diatas permukaan air yang tergenang. Hal ini cukup mengherankan, karena kaki burung ini tidak memiliki selaput. Bahkan kakinya cukup panjang dengan ukuran yang tidak terlalu besar, rata-rata mencapai 7 cm.

Sering Menyembunyikan Anaknya

Seperti yang diulas sedikit diatas, keunikan lain dari Jacana Afrika ini yakni sering menyembunyikan anaknya. Kebiasaan ini dilakukan tidak hanya untuk melindungi anaknya, namun juga ketika mencari makan dan sedang beraktivitas lainnya.

Induk Jantan Merawat Anaknya

Terjawab sudah kenapa betina memiliki lebih dari satu pasangan jantan. Pasalnya, yang mengasuh anak ketika telur menetas bukanlah betina, melainkan jantan. Sang jantan juga bertanggung jawab mengerami hingga menetas.

Ternyata ada banyak keunikan dari burung Jacana Afrika yang belum kita ketahui. Namun setelah menyimak semua penjelasan diatas, kali ini anda tidak lagi penasaran bukan? Terutama keunikan menggendong anaknya yang dari jauh terlihat burung ini memiliki empat kaki.